PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Aulia Rahman, 20060361 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (263kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V
pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD). Kemampuan kerjasama diperlukan peserta didik, dimana pada
kemampuan kerjasama ini peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran dengan
berkelompok dan peserta didik dapat bekerjasama dengan tepat. Penelitian ini
menggunakan metode mixed methods dengan desain the explanatory sequential.
Subjek penelitian dalam peningkatan kemampuan kerjasama siswa kelas V sekolah
dasar. Penentuan subjek tersebut dipilih dari hasil wawancara lapangan salah satu
sekolah dasar yang ada di Kota Cimahi sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan
data kuantitatif dengan observasi kemampuan kerjasama siswa yang dilanjutkan
dengan pengumpulan data kualitatif berupa wawancara guru dan siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa uji coba lapangan penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa termasuk
dalam kategori meningkat. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas v sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:32
Last Modified: 26 Jun 2025 03:32
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item
View Item