Audrey Dita Salsabila, 20060218 (2024) PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (326kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran IPS di Indonesia saat ini masih berorientasi kepada guru yang menjelaskan.
Siswa hanya menerima materi tanpa terlibat aktif dalam pembelajaran. Proses
pembelajaran IPS yang dilakukan lebih ditekankan kepada penguasaan materi pelajaran
sebanyak mungkin, sehingga suasana belajar bersifat kaku dan terpusat satu arah serta
tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih aktif. Budaya belajar lebih
ditandai oleh hafalan dari pada berfikir. Berdasarkan data penelitian, terdapat perbedaan
hasil belajar siswa menggunakan model Role Playing dibandingkan dengan menggunakan
pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada mata
pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa perolehan rata-rata N-Gain sebesar 0,7 dan berada pada
interpretasi “sedang”. Selain itu, kendala yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan siswa
dalam memahami materi dan kesulitan dalam mempertahankan fokus. Adapun kendala
guru yaitu kesulitan memotivasi siswa, kesulitan dalam mengelola waktu secara efektif dan
kesulitan mengkodisikan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Role Playing, Pemahaman Konsep, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:12 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:12 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/292 |