PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ATI NURUL LATIFAH, 22060339 (2024) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui: (1) Peningkatan
pemahaman konsep matematis siswa kelas V sekolah dasar setelah melaksanakan
pembelajaran menggunakan model Examples Non Example, (2) Kendala guru
kelas V dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model Example Non
Examples untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis, (3) Kendala siswa
kelas V sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model
Example Non Examples untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis.
Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential
explanatory. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 3 Cipatat yang
berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa
perempuan. Data-data diperoleh dari tes (pretest dan posttest), lembar angket
siswa dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V sekolah dasar
menggunakan model Examples Non Example, terlihat dari hasil Uji T-Test Paired
Sample sebesar 0.000 < 0.05. Dan presentase ketuntasan mencapai 87% dari hasil
pretest ke posttest. Adapun kendala guru yaitu kesulitan ketika menyajikan materi
menggunakan media gambar audiovisual karena keterbatasan sarana dan
prasarana disekolah dan membutuhkan waktu lebih lama dalam menyajikan
materi. Adapun kendala siswa yaitu kurang menguasai perbedaan bangun ruang
kubus dan balok dalam kehidupan sehari-hari serta kurang percaya diri untuk
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Examples Non Example
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:53
Last Modified: 26 Jun 2025 01:53
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item
View Item