Enen Nurbaeti, 17102025 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SERTA DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA MELALUI PENDEKATRAN SAINTIFIK BERINTEGRASI BRAIN BASED LEARNING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (328kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Matematika memegang peranan yang sangat penting, mulai dari bentuknya yang paling sederhana sampai dengan yang kompleks, memberikan sumbangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan lainnya, dan dalam kehidupan sehari-hari“. Dalam perkembanganya konsep matematika banyak diperlukan untuk membantu siswa dan diharapkan memberikan kontribusi pada mengembangan kemampuan berpikir secara kritis, kreatif dan berkarakter dalam disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah masalah pencapaian dan peningkatan
kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta disposisi matematika antar siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik berintegrasi brain based learning dengan pendekatan saintifik, menelaah asosiasi antar variable, gambaran kinerja siswa dan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretes-postes disain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, instrumen tes mencakup tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik sedangkan nontes mencakup skala sikap Disposisi matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreatif dab Disposisi Matematik siswa dengan pendekatan saintifik berintegrasi Brain based Learning (PSBBL) lebih baik daripada kelas dengan pendekatan saintifik (PS).
Gambaran kinerja siswa secara keseluruhan dengan PSBBL siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan PSBBL lebih baik daripada PS dan terdapat beberapa kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, Disposisi Matematik, Pendekatan saintif berintegrasi brain based learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:26 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:26 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/282 |