Penerapan Model belajar Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kepercayaan Diri Siswa

Dian Puspitasari, 16102068 (2018) Penerapan Model belajar Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kepercayaan Diri Siswa. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB 1 R5-dikonversi.pdf] Text
6. BAB 1 R5-dikonversi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 7.BAB-II R5-dikonversi.pdf] Text
7.BAB-II R5-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of 8. BAB-III R5-dikonversi.pdf] Text
8. BAB-III R5-dikonversi.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 9. BAB-IV R5-dikonversi.pdf] Text
9. BAB-IV R5-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[thumbnail of 1. BAB 5.pdf] Text
1. BAB 5.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 10.DAFTAR-PUSTAKA R5-dikonversi.pdf] Text
10.DAFTAR-PUSTAKA R5-dikonversi.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen pada pokok bahasan Trigonometri, yang bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis serta kepercayaan diri siswa SMA melalui pendekatan model Inquiry. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas X IPA 3 di satu SMA di kabupaten Cianjur sebagai kelas eksperimen yaitu yang mendapatkan pembelajaran model Inquiry dan 33 siswa kelas X IPA 4 di satu SMA di kabupaten Cianjur sebagai kelas kontrol yaitu yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini yaitu satu set tes uraian komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis dan satu set skala kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan
kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Inquiry lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau secara keseluruhan. Ditinjau dari tingkat kemampuan awal siswa pada KAM tinggi, sedang dan rendah dengan model Inquiry lebih berkembang atau meningkat
daripada KAM yang sama dengan pembelajaran biasa. Sementara itu secara keseluruhan untuk kepercayaan diri siswa yang pembelajarannya mendapatkan model Inquiry lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa sedangkan ditinjau dan dari kemampuan awal matematika siswa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry dengan KAM dalam menghasilkan kemampuan komunikasi, pemecahan masalah dan kepercayaan diri. Terdapat asosiasi antara kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis dengan derajat asosiasi kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Inquiry, komunikasi matematis, kepercayaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:33
Last Modified: 25 Jun 2025 02:33
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item