PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 CIKANCUNG

ACHMAD HARIS SUBAGDJA, - (2024) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 CIKANCUNG. Other thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilihat dari tingkat kepercayaan peserta didik yang
masih terbilang rendah khususnya dalam lingkungan sekolah. Perilaku tersebut
ditunjukan dengan sikap malu-malu, ragu, dan siswa kurang bersosialisasi dengan
temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terkait dengan pengaruh,
implementasi, dan kendala dari penerapan teknik sosiodrama dalam layanan
bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX SMPN
3 Cikancung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan tinjauan
sistematis dari rumusan masalah dan metode penelitian dalam penelitian ini adalah
Mix Method Explanatory Sequential Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa. Analisis data meliputi data pre-test
selanjutnya data post-test untuk menguji seberapa berpengaruh teknik layanan yang
digunakan. Hasil pre-test kelompok eksperimen menunjukkan nilai sebesar 79,3
dan post-test sebesar 95,3 didukung dengan hasil uji T yaitu 0.000 < 0.05 yang
berarti teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok berpengaruh dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa. Proses layanan berjalan dengan 6x
pertemuan, terdapat kendala dalam penerapan teknik yaitu siswa kesulitan untuk
menjalankan perannya sebagai anggota kelompok dalam memerankan drama siswa
masih merasa malu, canggung, dan tidak percaya diri. Sehingga temuan lain dalam
penelitian ini adalah guru sangat berperan dalam membantu siswa untuk mengatasi
permasalahan dirinya khususnya di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:36
Last Modified: 02 Jun 2025 06:36
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item