PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Arini Mayang Fauni, 20060371 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian memiliki tiga tujuan yaitu, (1) untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan model problem based
learning, (2) untuk mengerahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematisnya, (3) untuk mengetahui
kendala guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan model problem
based learning. Penelitian ini menggunakan Mix Method atau sering disebut juga
dengan penelitian metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif, desain yang
digunakan yaitu explanatory sequential. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan angket. Dalam penelitian ini
populasi yang diambil adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang berlokasi di SD
Negeri Galanggang 2, berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan
12 siswa perempuan. Hasil pengolahan data menunjukkan perolehan rata-rata nilai
tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest yang tidak diberikan model
pembelajaran problem based learning mendapatkan rata-rata 56,48 dan nilai yang
didapatkan kelas posttest mendapatkan rata-rata nilai 84,51. Kesimpulan
penelitian ini dapat dimaknai bahwa penggunaan model problem based learning
lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:42
Last Modified: 24 Jun 2025 08:42
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item
View Item