PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATERI 3 KATA AJAIB KELAS I SEKOLAH DASAR

Annisa Nurfauziah, 20060179 (2024) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATERI 3 KATA AJAIB KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan membaca permulaan siswa kelas sekolah
dasar, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media kartu kata digital,
kendala yang di hadapi oleh guru. penelitian ini didasari rendahnya kemampuan
membaca pemulaan pada siswa kelas I SD yang terjadi dilapangan, disebabkan
karena media ataupun pembelajaran yang monoton dan tidak cocok dengan murid
kelas I sekolah dasar yang menyebabkan murid bersikap pasif dan apatis dalam
proses pembelajaran yang pada akhirnya menyebabkan tidak maksimalnya hasil
yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti melakukan
penelitian menggunakan Mix Method dengan design Explanatory Squential Design
dan menggunakan media kartu kata digital. Instrumen yang digunakannya berupa
tes dan nontes, observasi dan wawancara, Teknik pengumpulan dan pengolahan
data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan sebagai
responden sebanyak 20 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Bojongmareme,
Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa media kartu kata digital dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa. dari hasil observasi dan wawancara terdapat
peningkatan hasil yang maksimal, dengan hasil Pretest memperoleh hasil rata rata
30% sedangkan hasil posttest memperoleh hasil rata rata 79% artinya ada
peningkatan setelah menggunakan media kartu kata digital secara signifikan
diakhir proses pembelajaran. Pada tujuan ke dua respon siswa setelah menggunakan
media kartu kata digital mendapatkan respon positif sehingga siswa merasa senang
dan aktif dalam belajar. Kendala yang dihadap guru pada saat menggunakan media
kartu kata digital ditemukan kendala pada sarana dan prasarana sekolah yang
kurang memadai sehingga guru sulit untuk melaksanakan pembelajaran
menggunakan media kartu kata digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Kata Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:32
Last Modified: 24 Jun 2025 08:32
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item
View Item