PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF SERTA MINAT BELAJAR MATEMATIK SISWA

BIMA GUSTI RAMADAN, 17102019 (2019) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF SERTA MINAT BELAJAR MATEMATIK SISWA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of BAB I-dikonversi.pdf] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB II-dikonversi.pdf] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB III-dikonversi.pdf] Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V-dikonversi.pdf] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan penalaran dan berpikir kreatif matematik siswa SMAN di Kota Cimahi, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif strategi yang
diterapkan yaitu dengan metode discovery learning melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah pencapaian kemampuan penalaran dan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan metode
discovery learning melalui pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa dan apakah peningkatan kemampuan penalaran dan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan metode discovery learning melalui pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada
yang menggunakan pembelajaran biasa. Serta assosiasi antar kemampuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
SMAN di Kota Cimahi sedangkan sampel sekolahnya adalah salah satu sekolah SMAN di Kota Cimahi yang dipilih berdasarkan acak sekolah. Sampel kelas diambil secara acak kelas. Diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen, pembelajarannya menggunakan metode discovery Learning melalui pendekatan reciprocal teaching sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen dalam penelitian ini adalah seperangkat tes berbentuk uraian sebanyak lima soal kemampuan penalaran matematik dan lima soal kemampuan berpikir kreatif matematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran dan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan metode discovery Learning melalui pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, minat siswa dalam matematika yang menggunakan metode discovery learning melalui pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu, tidak terdapat assosiasi antara kemampuan penalaran dengan berpikir kreatif matematik, kemampuan penalaran dengan minat belajar matematik serta kemampuan berpikir kreatif dengan minat belajar matematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Berpikir Kreatif, Metode Discovery Learning melalui Pendekatan Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:22
Last Modified: 24 Jun 2025 06:22
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item