AZALINA NURUL FAJARIAH, 17102035 (2019) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL LEARNING CYCLE “5E”. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Cover, Scan Lembar Pengesahan, Scan Lembar Pernyataan Bermaterai, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover, Scan Lembar Pengesahan, Scan Lembar Pernyataan Bermaterai, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar.pdf
Download (497kB)
![[thumbnail of BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of Lampiran - Lampiran Penelitian.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran - Lampiran Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
Abstract
Hasil studi penjajaran mengindentifikasi, bawah kemampuan berpikir kreatif, Berpikir Logis dan Kemandirian Belajar Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Solusi pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model Learning Cycle “5E”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir logis matematik serta kemandirian belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dan nontes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP, sedangkan sampelnyaterdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak kelas, dengan kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E” , dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran problem based learning (PBL) saja. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes soal
uraian, nilai rata-rata pretest berpikir kreatif matematik siswa antara kedua kelas tidak berbeda jauh, hanya berselisih 0,68. Nilai Sig. yang diperoleh adalah 0,046, dan nilai ini kurang dari 0,05 maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E” diterima. Selain itu Nilai Sig. yang diperoleh adalah 0,019, dan nilai ini kurang dari
0,05 maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E” dan yang memperoleh pembelajaran problem based learning (PBL) diterima. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest berpikir logis matematik siswa antara kedua kelas tidak berbeda jauh, hanya berselisih 0,52. Nilai Sig. yang diperoleh adalah 0,046, dan nilai ini kurang dari 0,05
maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir logis matematik siswa SMP yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E” dan yang memperoleh
pembelajaran problem based learning (PBL) diterima. Selain itu Nilai Sig. yang diperoleh adalah 0,010, dan nilai ini kurang dari 0,05 maka hipotesis yang menyatakan terdapat
perbedaan kemandirian belajar siswa SMP yang memperoleh pembelajaran pendekatan problem based learning (PBL) dengan model learning cycle “5E” dan yang memperoleh pembelajaran problem based learning (PBL) diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Logis, Kemandirian Belajar, Pendekatan PBL dengan Model Learning Cycle “5E”. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:30 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:30 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/270 |