PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anisa Risyda Haerani, 20060274 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa
dalam pembelajaran IPA, khususnya materi transformasi energi di SD Negeri
Binawarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa melalui penerapan model problem based learning serta untuk
mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi guru dan siswa saat menggunakan model
problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
campuran (mixed methods) dengan desain explanatory sequential. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Binawarga. Teknik pengumpulan
data meliputi tes, lembar observasi, angket siswa, dan wawancara dengan guru.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based
learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini
dapat dilihat dari data pretest yang memperoleh hasil nilai rata-rata yaitu 55,00 dan
data posttest memperoleh hasil nilai rata-rata 81,76. Hal ini menunjukkan bahwa
model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:55
Last Modified: 24 Jun 2025 02:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item
View Item