PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Andriani, 20060295 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa
di sekolah dasar disebabkan kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher center
sehingga siswa sulit untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Model
problem based learning digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan
dalam penelitian ini agar dapat mengetahui mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model
Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan
kendala guru dalam pembelajaran menggunakan model problem based learning.
Metode dalam penelitian ini yaitu mixed method dengan desain the sequential
explanatory design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD yang
berjumlah 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri soal tes kemampuan
berpikir kritis, angket, dan wawancara. Berdasasarkan hasil penelitian, adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah dasar. Hal ini
terlihat pada peningkatan hasil posstest yang telah dilakukan dibandingkan hasil
pretest, juga didapatkan respon positif terhadap terhadap pelaksanaan model
pembelajaran menggunakan model problem pased learning dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis. Hal ini terlihat dari antusias siswa berpartisipasi dalam
pembelajaran di kelas dan siswa lebih mudah memahami materi. Maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD telah mencapai tujuan
penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:43
Last Modified: 24 Jun 2025 02:43
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item