MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

ADE IRMAN, 17102023 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (987kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasil study penjajakan di suatu SMP Negeri dan Swasta menunjukan bahwa di perlukan penerapan pendekatan problem solving,untuk mengatasi masih rendah nya kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa.dengan demikian Penelitian ini bertujuan mendeskripsi capaian tingkat: (1) Kemampuan
pemahaman matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem solving dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan saintifik (2) Kemampuan Representasi matematika siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem solving dibandingkan
dengan yang menggunakan pendekatan saintifik; (3) Kepercayaan diri siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran problem solving dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan Saintifik; (4) Kaitan antara
kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa SMP, pemahaman dan kepercayaan diri siswa SMP, representasi dan kemampaun diri matematis siswa SMP; (5) Gambaran kinerja siswa SMP dalam implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving; (6) Gambaran siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman dan representasi tematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP se-Kabupaten Cianjur. Dengan subjek sampelnya adalah salah satu SMP di kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Sampel penelitian ini siswa SMP kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol, melalui pembelajaran selama tiga bulan. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Hasil pengujian dari penelitian ini yaitu siswa pada kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran probblem solving mendapat nilai yang lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. tidak terdapat asosiasi antara kemampuan pemahaman dan represntasi, pemahaman dengan kepercayaan diri.Terdapat asosiasi antara kemampuan
representasi dengan kepercayaan diri, berdasarkan hal tersebut, pembelajaran problem solving dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keamapuan Pemahaman, keamampuan Representasi, kepercayaan diri, problem solving (pemecahan masalah ),pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 23 Jun 2025 05:56
Last Modified: 23 Jun 2025 05:56
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item