PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANDRIANA, 20060294 (2024) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model CTL
berbantuan media gambar pada siswa kelas 4 sekolah dasar serta kendala siswa
dan guru. Penelitian ini menggunakan mix methode dengan desain sequential
explanatory. subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 4 yang
berjumlah 29 siswa disalah satu sekolah yang berada di Kabupaten Bandung
Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis
(pretest dan posttest), angket, observasi aktivititas siswa dan guru. Hasil data
kuantitatif
menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis
karangan deskripsi pada siswa dengan nilai rata-rata awal sebesar 62,1 menjadi
78,6 dan presentase ketuntasan siswa pada pretest sebesar 10% dan setelah
posttest meningkat mejadi 65% . Adapun hasil dari data kualitatif yang diperoleh
menunjukkan terdapat kendala siswa antara lain; dalam pembelajaran CTL siswa
kesulitan memilih kata yang tepat sehingga menjadi kalimat yang baik, siswa
kesulitan dalam bekerja kelompok, dan siswa kesulitan dalam menyampaikan
sebuah pendapat. Sedangkan kendala guru antara lain; kurangnya keaktifan siswa
pada saat pembelajaran , guru kesulitan mengkondisikan siswa dalam sebuah
diskusi kelompok, dan kurangnya waktu saat melakukan presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi, model pembelajaran kontekstual, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:48
Last Modified: 23 Jun 2025 04:48
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item