ABDUL WAHAB ABDULAH, 17102012 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI SERTA KEPERCAYAAN DIRI MATEMATIK SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (884kB)
![[thumbnail of BAB 1,BAB 2, BAB 3 BAB 4 ,BAB 5 DAPUS.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1,BAB 2, BAB 3 BAB 4 ,BAB 5 DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan PBL berbantuan power point. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi serta kepercayaan diri Matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL berbantuan power point lebih baik daripada pembelajaran biasa serta menelaah implementasi langkah-langkah pendekatan yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dan non tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK yang berkemampuan sedang di Kabupaten Bandung Barat, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak kelas, diperoleh kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes sebanyak 6 butir soal uraian, kemudian data skor kemampuan pemecahan masalah dan representasi serta kepercayaan diri matematik tersebut dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi serta kepercayaan diri matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PBL berbantuan power point lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, representasi, Pendekatan PBL berbantuan power point. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:15 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:15 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/254 |