PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO

AMANDA PUTRI THANIA, 20060158 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Amanda Putri Thania.pdf] Text
Lembar Pengesahan Amanda Putri Thania.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA
siswa dengan menerapkan model Project Based Learning berbantuan media video.
Sampel yang diambil adalah kelas V yang berjumlah 24 siswa. Lokasi penelitian
ini dilakukan di SD Negeri Nagrak. Metode yang digunakan penelitian adalah
Mixed Methods dengan desain yang digunakan Eksplanatory Sequential. Data yang
di peroleh melalui soal pretest dan posttest, Angket kesulitan siswa dan wawancara
kendala guru. Pada tahap kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan
desain pre post one group design dan tahap kualitatifnya menggunakan metode
deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket.
Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari hasil rata-rata N-gain 0.65
. Hasil uji Shapiro wilk Data yang diperoleh menunjukan bahwa signifikan pre-test
yaitu 0,170, Posttest 0,064. Sig. Hasil uji-t (Paired-Samples T Test). (2-tailed)
adalah 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa H₁ diterima, dengngan demikian
terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan
model project based learning. Hasil angket yang diperoleh yaitu sudah sebagian
besar siswa tidak mengalami kesulitan. Maka dapat disimpulkan model project
based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran
IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Project Based Learning, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:17
Last Modified: 23 Jun 2025 04:17
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item
View Item