PENERAPAN MODEL STEM(SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ALFINA DAMAYANTI, 20060257 (2024) PENERAPAN MODEL STEM(SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penerapan model STEM (Science, Technology, Engineering and Math) sangat
penting untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Karena dengan
menggunakan model STEM (Science, Technology, Engineering and Math),
penyampaian materi akan lebih mudah dan efektif untuk disampaikan kepada
siswa. Oleh karena itu sebagai pendidik perlu mengembangkannya pada kegiatan
pembelajaran untuk menarik perhatian siswa agar bisa mengikuti pembelajaran.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM (Science,
Technology, Engineering and Math) pada pembelajaran khususnya pada
kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu
menggunakan Mixed Method. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD dengan
lokasi penelitian salah satu SDN di Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa penerapan dengan model STEM (Science, Technology,
Engineering and Math) memiliki pengaruh yang cukup baik dalam pembelajaran.
Lalu pada hasil respon siswa yang memiliki persentase rata rata menunjukan
bahwa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berbantuan proyek yang
diberikan memiliki respon baik dan siswa setuju dengan penerapannya. Lalu pada
pengujian tes untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah
penerapan model STEM (Science, Technology, Engineering and Math) yang
dilakukan uji pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian melalui
perhitungan Uji Normalitas, Uji-t dan Uji N-Gain, terdapat peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA dengan
menerapkan model STEM (Science, Technology, Engineering and Math).
Menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran. Serta
penghitungan skor yang menunjukan bahwa peningkatan berada pada kategori
tinggi. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model STEM (Science,
Technology, Engineering and Math) ini dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas V SD untuk memiliki pengaruh atau dampak
yang baik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STEM (Science, Technology, Engineering and Math), Peningkatan Pemecahan Masalah, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:33
Last Modified: 23 Jun 2025 03:33
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item
View Item