PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

AIDA DESTIANI, 20060319 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dikuasai oleh siswa kelas V.
Kurangnya kemampuan pemecahan masalah membuat siswa tidak bisa
memecahkan suatu permasalahan dan membuat siswa menjadi pasif. Penyebab
kurangnya kemampuan pemecahan masalah yaitu kegiatan pembelajaran yang
dilakukan masih menggunakan model dan metode konvensional seperti metode
ceramah. Model Problem Based Learning digunakan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan Model Problem Based Learning
dengan desain the explanatory sequential dimana peneliti ini akan mendapatkan
data kualitatif dan kuantitatif. Data yang didapatkan hasil dari pretest, posttest,
angket, wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
hasil pembelajaran kemampuan pemecahan masalah kelas V melalui model
Problem Based Learning menunjukan adanya peningkatan belajar terlihat dari data
hasil pretest siswa mendapatkan nilai rata-rata 48,5 adanya penerapan model
Problem Based Learning rata-rata nilai posttest siswa meningkat menjadi 84,5.
Adapun kesulitan guru dalam menerapkan model Problem Based Learning yaitu :
mengkondisikan siswa, mengajak siswa presentasi. Kesulitan siswa yaitu :
mengemukakan pendapat dan kurangnya percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, kegiatan ekonomi, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:28
Last Modified: 23 Jun 2025 03:28
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item
View Item