EFEKTIFITAS WORKSHOP PEMBUATAN BUKU DIGITAL BAHAN AJAR BERBASIS HOTS DAN ICT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD NON FORMAL

Ani Nuraeni, 22105019 (2024) EFEKTIFITAS WORKSHOP PEMBUATAN BUKU DIGITAL BAHAN AJAR BERBASIS HOTS DAN ICT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD NON FORMAL. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 04. ABSTRAK Ani.pdf] Text
04. ABSTRAK Ani.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 01. COVER STAMBUK Ani.pdf] Text
01. COVER STAMBUK Ani.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN Ani.pdf] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN Ani.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN Ani.pdf] Text
03. SURAT PERNYATAAN Ani.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 05. KATA PENGANTAR Ani.pdf] Text
05. KATA PENGANTAR Ani.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 06. DAFTAR ISI Ani.pdf] Text
06. DAFTAR ISI Ani.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 02. BAB I.pdf] Text
02. BAB I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 03. BAB II.pdf] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of 04. BAB III.pdf] Text
04. BAB III.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of 05. BAB IV.pdf] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of 06. BAB V.pdf] Text
06. BAB V.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 07. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Poster.pdf] Text
Poster.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil supervise kompetensi pendidik PAUD nonformal berada pada
level guru berkembang (30%), artinya pendidik PAUD non formal belum mampu
membuat modul ajar dan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan workshop pembuatan buku digital bahan ajar dalam
meningkatkan kompetensi pedagogic pendidik PAUD non formal. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses, hasil dan kendala dalam
kegiatan workshop pembuatan buku digital bahan ajar berbasis HOTS dalam
meningkatkan kompetensi pedagogic pendidik PAUD non formal. Penelitian ini
merupakan metode penelitian mix method model sequential exploratory. Metode
penelitian menggunakan Pre Eksferimental dengan desain penelitian One Group
Pretest- Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pendidik PAUD non
formal di wilayah Kota Bandung. Melalui teknik pengambilan sampel, simple
random sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket
(kuisioner) yang diberikan melalui pretest dan postest atau desain dengan 2 sample
dependent. Penelitian ini dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika
inferensial uji T namun sebelumnya diuji normalitas untuk mengetahui distribusi
kenormalan data. Dari hasil penelitian diketahui hasil rerata pretest 58,43 dan rerata
posttest 67,83. Sedangkan hasil uji -t sebesar hipotesis sig/0 yaitu 0,0000/0=0,0000.
Maka Ho ditolak dan �� diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
kompetensi pedagogic pendidik PAUD non formal di kecamatan Bandung Wetan
setelah dilakukan workshop pembuatan buku digital bahan ajar, serta menghasilkan
sebuah buku digital. Rekomendasi hasil penelitian dapat menjadi salah satu rujukan
penelitian lainnya yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:35
Last Modified: 20 Jun 2025 03:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item