PEMANFAATAN MEDIA E-BOOK TERHADAP LITERASI BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI

Winda, 20070002 (2024) PEMANFAATAN MEDIA E-BOOK TERHADAP LITERASI BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lembar Pernyataan.pdf] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini menjadi salah satu jembatan bagi semua kalangan untuk
bisa tetap melestarikan kebudayaan di Indonesia. Cara yang dapat dilakukan adalah
dengan memperkenalkan anak pada berbagai kegiatan dengan kebudayaan
setempat atau yang lebih sering dikenal dengan kearifan lokal. Dalam ruang lingkup
Pendidikan anak usia dini guru harus menyediakan berbagai media agar anak
tertarik mengenal kearifan lokal salah satunya media e-book yang sesuai dengan era
4.0. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,
penerapan, kendala serta efektifitas penggunaan media e-book dalam
memperkenalkan literasi kebudayaan berbasis kearifan lokal pada anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methode dengan desain penelitian
exploratory sequential design. Populasi penelitian sebanyak 67 orang anak dengan
sempel penelitian sebanyak 16 orang anak kelompok B usia 5-6 tahun. Pada
penelitian ini data dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif diperoleh melalui teknik
pengumpulan hasil observasi, wawancara dengan menggunakan analisi tematik.
Selanjutnya adalah data kuantitatif melalui teknik pengumpulan data pretest dan
posttest dengan statistika iferensial menggunakan SPSS dan Microsoft Excel.
Setelah dilakukan analisis hasil data diperoleh hasil kualitatif bahwa litrasi
kebudayaan dapat diterapkan kepada anak melalui kegiatan berbahasa sementara
hasil data kuantitatif dinyatakan dalam hasil uji T dengan signifikansi 0.000 bahwa
Ha diterima karena terdapat perbedaan literasi kebudayaan setelah memanfaatkan
media e-book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Literasi Kebudayaan, E-book, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:59
Last Modified: 19 Jun 2025 03:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item
View Item