PENERAPANLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI NGAMPRAH

Deta Putri Yuana Ramdhani, 20010123 (2024) PENERAPANLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI NGAMPRAH. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua orang individu atau lebih,
dimana tingkah laku individu yang satu mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki
tingkah laku individu yang lain atau sebaliknya, berdasarkan fenomena urangnya
interaksi sosial pada peserta didik yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran interaksi sosial peserta
didik, proses penerapan layanan, dan efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik
role playing untuk meningkatkan interaksi sosial pada peserta didik kelas VII di SMP
PGRI Ngamprah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Mix Methode atau
metode campuran dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan design penelitian
explanatory sequential design. Teknik pengumpulan data kuantitatif dengan
menggunakan angket interaksi sosial dengan jumlah instrumen sebanyak 30 butir
pertanyaan yang valid dari 59 butir pertanyaan, kemudian nilai
0,707 > 0,6. Sedangkan pengumpulan data kualitatif berdasarkan hadil wawancara,
observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh gambaran tingkat
interaksi sosial peserta didik yang dominan berada pada kategori rendah pada
persentase 66%. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan pada siswa setelah
diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan
interaksi sosial pada peserta didik kelas VII SMP PGRI Ngamprah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Interaksi sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:42
Last Modified: 18 Jun 2025 04:42
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item