Helmi Ilham Nabila, 23102051 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN ANIMAKER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA MA KELAS X. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of S2PMAT_23102051_Helmi Ilham Nabila_BagianDepan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S2PMAT_23102051_Helmi Ilham Nabila_BagianDepan.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of BAB 1]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Download (104kB)
![[thumbnail of BAB 2]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
![[thumbnail of BAB 3]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Download (45kB)
![[thumbnail of BAB 4]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
![[thumbnail of BAB 5]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Download (104kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Download (104kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
view
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang layak dan
efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yang
sesuai dengan langkah-langkah saintifik, hal tersebut dilakukan karena rendahnya
kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa serta kurangnya
penggunaan media pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang
mengimplementasikan model Borg and Gall. Penelitian dilakukan di MAN Kota
Cimahi dan MA Misbahunnur. Pada uji terbatas dilakukan di MAN Kota Cimahi
dengan subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas XI, uji luas dilakukan di MA
Misbahunnur dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas XII. Uji produk
dilaksanakan di MAN Kota Cimahi dan MA Misbahunnur dengan total subjek
penelitian sebanyak 57 siswa kelas X. Selain itu validator ahli materi dan ahli media
juga dibutuhkan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan yaitu non tes
terdiri dari observasi, lembar wawancara, lembar validasi, kuesioner dan skala self
confidence serta lima butir soal tes kemampuan berpikir kritis matematis. Materi
yang digunakan dalam penelitian adalah barisan dan deret. Data pretes dan postes
kemampuan berpikir kritis dan self confidence dianalisis menggunakan IBM SPSS
Statistic Version 27. Hasil dari penelitian menunjukkan media pembelajaran yang
dikembangkan telah sesuai dengan metode penelitian Borg and Gall. Media
pembelajaran sudah layak dan praktis untuk diimplementasikan di kelas. Media
pembelajaran yang dikembangkan juga menunjukkan persentase 75 % sehingga
berada pada kriteria efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
sehingga media pembelajaran bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya dengan media
pembelajaran video animasi menggunakan animaker dengan pendekatan saintifik
lebih baik dari pembelajaran biasa. Untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol
memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis terbanyak dengan kriteria
sedang. Self confidence siswa yang pembelajarannya dengan media pembelajaran
video animasi menggunakan animaker dengan pendekatan saintifik lebih baik dari
pembelajaran biasa. Untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki tingkat self
confidence yang terbanyak dengan kriteria sedang. Peningkatan kemampuan
berpikir kritis matematis yang pembelajarannya memakai media pembelajaran
video animasi menggunakan animaker dengan pendekatan saintifik lebih baik
dibandingkan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi Menggunakan Animaker, Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence, Barisan dan Deret. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 02:37 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 06:56 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/205 |