PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF TALKING STICK ANIMALS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B

Rysca Selawati Rahayu, 20070058 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF TALKING STICK ANIMALS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 5. BAB 1.pdf] Text
5. BAB 1.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 6. BAB 2.pdf] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of 7. BAB 3.pdf] Text
7. BAB 3.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 8. BAB 4.pdf] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 9. BAB 5.pdf] Text
9. BAB 5.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain
penelitian sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data
kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia dini (usia 5-6 tahun) di TK Kartika
VIII-42. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan terhadap
kemampuan bahasa ekspresif melalui media talking stick animals pada anak usia dini.
Masalah pada penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana pengaruh pembelajaran melalui media
kartu huruf sebagai metode pembanding dari pembelajaran penggunaan media Talking
stick animals? (2) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran talking stick
animals untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dilihat dari : a.
Peningkatan kemampuan bahasa, b. Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini; (3)
Kendala apa yang dihadapi oleh Pendidik dan Peserta didik dalam meningkatkan
kemampuan bahasa ekspresif melalui media talking stick animals?. Hasil penelitian
menunjukan bahwa 1) Deskripsi pengaruh pembelajaran melalui media kartu huruf sebagai
metode pembanding dari pembelajaran penggunaan media talking stick animals yaitu pada
P1 dengan hasil akhir 278, P2 dengan hasil akhir 260, P3 dengan hasil akhir 268, P4 dengan
hasil akhir 258 dan P5 dengan hasil akhir 273, kemampuan bahasa ekspresif anak melalui
media kartu huruf memiliki rata-rata yaitu sebesar 19,4. 2) Deskripsi efektivitas
penggunaan media talking stick animals dilihat dari a. Peningkatan kemampuan bahasa, b.
Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini yaitu pada P1 dengan hasil 259, P2 dengan
hasil 249, P3 dengan hasil 270, P4 dengan hasil 258 serta P5 dengan hasil 273. Dengan
tingkat efektivitas sebesar 19,7 termasuk kategori sangat efektif. 3) Deskripsi kendala yang
dihadapi oleh Pendidik dan Peserta Didik dalam meningkatkan kemampuan bahasa
ekspresif melalui media talking stick animals, terbagi menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor
Internal, (2) Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick Animals, Bahasa Ekspresif, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:59
Last Modified: 13 Jun 2025 07:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item