PENGGUNAAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

NUR ROHMAWATI HIDAYAH, 20070001 (2024) PENGGUNAAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN .pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (168kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Empati merupakan kemampuan yang menjadi landasan untuk semua perilaku prososial,
untuk merespon secara afektif terhadap emosi orang lain dengan tujuan untuk bereaksi
secara adaptif terhadap kebutuhan orang lain. Dalam meningkatkan empati diperlukan
media yang menarik namun dapat mendukung pembelajaran dalam menjelaskan konsep
atau suasana yang bersifat abstrak untuk anak. Salah satunya melalui penggunaan cerita
bergambar berbentuk e-book yang dapat menjadi media pembelajaran menarik serta mudah
dipahami melalui ilutrsi/ gambar untuk meningkatkan empati anak yang mudah di akses.
Permasalahan yang peneliti temukan, terdapat beberapa anak yang menunjukkan masih
rendahnya empati karena kurang optimalnya pemanfaatan media untuk menstimulusnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas; 2) proses penggunaan; dan 3)
kendala yang dihadapi dalam penggunaan e-book cerita bergambar untuk meningkatkan
empati pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method
dengan desain The Explanatory Sequential Design. Subjek pada penelitian ini adalah anak
usia 4-5 tahun, dengan jumlah 10 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengumpulkan data kuantitatif pada tahap pertama dilanjutkan dengan pengumpulan data
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif diolah dengan statistika
inferensial, data kualitatif diolah dengan beberapa langkah yaitu: 1) reduksi data; 2)
penyajian data; 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat
peningkatan kemampuan empati anak yang efektif dengan penggunaan e-book cerita
bergambar. Hal ini berdasarkan hasil jumlah rata-rata 15,5 termasuk kedalam kategori
sangat efektif.; 2) proses pembelajaran lebih menarik dan penyampaian pesan melalui
gambar dalam e-book memudahkan anak memahami suasana atau konsep yang bersifat
abstrak dalam meningkatkan empatinya; 3) Kendala yang dihadapi guru yaitu kurang
memahami cara mencari e-book cerita bergambar, serta kurang memadainya sarana prasana
untuk kegiatan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Book, Cerita Bergambar, Empati, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:22
Last Modified: 13 Jun 2025 07:22
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item