PENGGUNAAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI

NADILA RAHMI ADESKA PUTRI, 20070020 (2024) PENGGUNAAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Scan Lembar Pengesahan.pdf] Text
Scan Lembar Pengesahan.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain penelitian The
Sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan
dengan pengumpulan data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia
dini (usia 5-6 tahun) kelompok B di TK Budi Luhur. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif pada anak usia dini. Masalah pada penelitian ini yaitu: (1)
Bagaimana pengaruh penggunaan media e-book dengan metode bercerita, sebagai
metode pembanding dari penggunaan Aplikasi Assemblr Edu dalam meningkatkan
kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia dini? (2) Bagaimana efektivitas
penggunaan Aplikasi Assemblr Edu dilihat dari : a. Kemampuan bahasa
ekspresifnya; b. Ketuntasan belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak usia
dini. (3) Kendala apa yang dihadapi oleh Guru dan Anak Usia Dini kelompok B
dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Assemblr Edu?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi pengaruh penggunaan media e
book dengan metode bercerita, sebagai metode pembanding dari penggunaan
aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak
usia dini yaitu pada P1 dengan hasil akhir 37,5%, P2 dengan hasil akhir 37,5%, P3
dengan hasil akhir 62,5%, P4 dengan hasil akhir 37,5% dan P5 dengan hasil akhir
75%, kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media e-book dengan metode
bercerita rata-rata sebesar 50%. 2) Deskripsi efektivitas penggunaan aplikasi
Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia
dini dilihat dari: a. Kemampuan bahasa ekspresifnya; b. Ketuntasan belajarnya; c.
Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini yaitu pada P1 dengan hasil akhir 87,5
%, P2 dengan hasil akhir 75%, P3 dengan hasil akhir 100%, P4 dengan hasil akhir
100%, dan P5 dengan hasil akhir 75%, kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia
dini melalui Aplikasi Assemblr Edu rata-rata 87,5%. Dengan tingkat efektivitas
19,3 termasuk dalam kategori sangat efektif. 3) Kendala apa yang dihadapi oleh
Guru dan Anak Usia Dini kelompok B dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan Aplikasi Assemblr Edu, terbagi menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor
Internal, (2) Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Ekspresif, Aplikasi Assemblr Edu, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:15
Last Modified: 13 Jun 2025 07:15
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item