NADILA RAHMI ADESKA PUTRI, 20070020 (2024) PENGGUNAAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of Scan Lembar Pengesahan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Scan Lembar Pengesahan.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (556kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (792kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain penelitian The
Sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan
dengan pengumpulan data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia
dini (usia 5-6 tahun) kelompok B di TK Budi Luhur. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif pada anak usia dini. Masalah pada penelitian ini yaitu: (1)
Bagaimana pengaruh penggunaan media e-book dengan metode bercerita, sebagai
metode pembanding dari penggunaan Aplikasi Assemblr Edu dalam meningkatkan
kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia dini? (2) Bagaimana efektivitas
penggunaan Aplikasi Assemblr Edu dilihat dari : a. Kemampuan bahasa
ekspresifnya; b. Ketuntasan belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak usia
dini. (3) Kendala apa yang dihadapi oleh Guru dan Anak Usia Dini kelompok B
dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Assemblr Edu?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi pengaruh penggunaan media e
book dengan metode bercerita, sebagai metode pembanding dari penggunaan
aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak
usia dini yaitu pada P1 dengan hasil akhir 37,5%, P2 dengan hasil akhir 37,5%, P3
dengan hasil akhir 62,5%, P4 dengan hasil akhir 37,5% dan P5 dengan hasil akhir
75%, kemampuan bahasa ekspresif anak melalui media e-book dengan metode
bercerita rata-rata sebesar 50%. 2) Deskripsi efektivitas penggunaan aplikasi
Assemblr Edu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia
dini dilihat dari: a. Kemampuan bahasa ekspresifnya; b. Ketuntasan belajarnya; c.
Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini yaitu pada P1 dengan hasil akhir 87,5
%, P2 dengan hasil akhir 75%, P3 dengan hasil akhir 100%, P4 dengan hasil akhir
100%, dan P5 dengan hasil akhir 75%, kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia
dini melalui Aplikasi Assemblr Edu rata-rata 87,5%. Dengan tingkat efektivitas
19,3 termasuk dalam kategori sangat efektif. 3) Kendala apa yang dihadapi oleh
Guru dan Anak Usia Dini kelompok B dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan Aplikasi Assemblr Edu, terbagi menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor
Internal, (2) Faktor Eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Ekspresif, Aplikasi Assemblr Edu, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:15 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:15 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/193 |