PENGARUH MEDIA POP UP PAPAN LIPAT MENCUCI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI KOBER BINA INSANI

Mae, 20070055 (2024) PENGARUH MEDIA POP UP PAPAN LIPAT MENCUCI UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI KOBER BINA INSANI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman guru terhadap media pembelajaran dalam menstimulus
motorik halus anak menyebabkan kemampuan motorik halus anak usia dini belum
berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari masih banyaknya anak yang belum
mampu meniru bentuk dan belum mampu menggunakan peralatan dengan benar.
Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus sesuai dengan tahapan usia
perkembangannya diperlukan media yang efektif dan menarik bagi anak. Maka
peneliti menggunakan media pop up papan lipat mencuci. Penelitian ini bertujuan
untuk 1. Mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan motorik halus anak usia
dini jika diterapkan metode pembelajaran menggunakan media media pop up papan
lipat mencuci dilihat dari peningkatan kemampuan motorik halus anak dan
ketuntasan belajar dengan menggunakan media pop up papan lipat mencuci 2.
proses penerapan media pop up papan lipat mencuci pada pembelajaran anak
kelompok B, 3. Kendala yang dihadapi oleh guru dan anak kelompok B dalam
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pop up papan lipat
mencuci dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Mix Methode dengan desain penelitian sequential
Explanatory Design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di
KOBER Bina Insani. Pada penelitian ini data terbagi menjadi dua yaitu data
kuantitatif melalui teknik pengumpulan data pretest dan posttest dengan statistika
inferensial menggunakan SPSS. Selanjutnya data kualitatif diperoleh melalui
teknik pengumpulan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan
analisis tematik. Setelah dilakukan analisis hasil data diperoleh hasil kuantitatif
yang dinyatakan dalam hasil uji T dengan signifikansi 0.005, artinya Ha diterima
karena terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan motorik
halus setelah menggunakan media pop up papan lipat mencuci, sedangkan hasil
data kualitatif menunjukan bahwa media pop up papan lipat mencuci dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Anak Usia Dini, Pop Up Papan Lipat Mencuci
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:38
Last Modified: 13 Jun 2025 06:38
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item