PEMANFAATAN MODEL CERDAS BERBAHASA INDONESIA (CBI Fonik) DALAM MENSTIMULUS TAHAP KEMAMPUAN PRA-MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI GAMES EDUKASI BERBASIS ANDROID “SEKOLAH ENUMA”

Lutfi Nurul Nisa, 20070069 (2024) PEMANFAATAN MODEL CERDAS BERBAHASA INDONESIA (CBI Fonik) DALAM MENSTIMULUS TAHAP KEMAMPUAN PRA-MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI GAMES EDUKASI BERBASIS ANDROID “SEKOLAH ENUMA”. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya yang terkesan memaksa
kepada anak usia dini untuk bisa membaca sedini mungkin dan masih banyak yang
kurang tepat dalam penggunaan media pembelajarannya. Penguasaan dan
pemahaman anak dapat terstimulus dengan optimal sejak dini dengan penggunaan
metode dan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan masa usianya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan model CBI Fonik dalam menstimulus
tahap pra-membaca anak usia dini melalui games edukasi berbasis android. Metode
yang di gunakan dalam penelitian ini adalah mixed method research dengan the
sequential explanatory dengan dua pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A di TK Budi Luhur. Data penelitian
ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan pemanfaatan model cerdas berbahasa indonesia (CBI Fonik)
dalam menstimulus tahap pra-membaca anak usia dini melalui games edukasi
berbasis android “Sekolah Enuma” mendapatkan hasil yang positif dapat membantu
meningkatkan kemampuan pra-membaca atau membaca permulaan pada anak usia
dini dan penggunaan model CBI Fonik ini juga dapat dilakukan dengan cara yang
bervariasi dan penggunaan metode yang beragam dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pra-membaca, CBI Fonik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:34
Last Modified: 13 Jun 2025 06:34
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item
View Item