PENGGUNAAN METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI KOBER BINA BANGSA

Lia Yuliani, 20070048 (2024) PENGGUNAAN METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI KOBER BINA BANGSA. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aspek kognitif pada anak usia dini yakni berpikir simbolik yang meliputi kemampuan
mengenal, menyebutkan, dan menggunakan konsep bilangan (mengenal angka),
mengenal huruf, serta mampu mempresentasikan berbagai benda dan imajinasinya dalam
bentuk gambar. Untuk mengembangkan aspek tersebut diperlukan metode pembelajaran
yang dapat meningkatkan minat dan semangat anak yakni metode gerak dan lagu. Gerak
dan lagu adalah sebuah cara yang dilakukan pendidik dalam menyampaikan pesan
pembelajaran kepada anak didik, melalui gerakan badan yang disertai lagu atau nyanyian.
Permasalahan yang ditemukan di lembaga Kober Bina Bangsa, terdapat beberapa anak
kelompok B yang belum optimal dalam mengenal angka. Sering terbalik jika diminta
menulis angka 2 menjadi angka 5, menulis angka 9 menjadi angka 6, dan tertukar jika
menulis angka 10 menjadi angka 0 terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan 1) untuk
mengetahui efektivitas gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka,
2) Untuk mengetahui proses pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan
kemampuan mengenal angka, 3) untuk mengetahui kendala yang dialami pendidik dan
anak didik dalam proses pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan kemampuan
mengenal angka anak kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Mix Methode dengan desain penelitian sequential Explanatory Design. Tahap pertama
yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif kemudian mengumpulkan data
kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kober Bina Bangsa yang
berjumlah delapan anak yang beralamat di Jalan Cilimus RT04/09 Desa Pada Asih. Hasil
penelitiannya adalah 1) anak dapat menuliskan angka 1-10, 2) anak dapat menyebutkan
angka 1-10 secara berurutan, 3) anak dapat menggunakan lambang bilangan 1-10 untuk
menyatakan jumlah suatu benda, 4) anak dapat menunjukkan angka 1-10 dengan benar,
dan kriteria yang dicapai anak mencapai kriteria berkembang sangat baik atau di angka
15,8 %.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, Kemampuan mengenal angka, Metode gerak dan lagu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:27
Last Modified: 13 Jun 2025 03:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item