Proses Pembelajaran Pendidikan dan Latihan Dalam Jaringan (Online) Sebagai sebuah inovasi untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD

EVA LIANA, 17105015 (2019) Proses Pembelajaran Pendidikan dan Latihan Dalam Jaringan (Online) Sebagai sebuah inovasi untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian Proses Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Dasar Dalam Jaringan (Online) sebagai sebuah Inovasi untuk meningkatkan Kompetensi Pendidi PAUD dilatar belakangi
oleh pentingnya pendidikan anak usia dini sehingga mewajibkan pendidik PAUD memiliki kompetensi yang sangat baik dalam mengajar namun kenyataan di lapangan masih banyak
kompetensi pendidik PAUD yang belum maksimal, masih banyak pendidik PAUD yang belum mengikuti Diklat Dasar PAUD yang di buktikan dengan sertifikat dari lembaga pemerintah serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Nasional Guru PAUD. Diklatsar PAUD Daring ini bertujuan untuk memberikan pemenuhan kebutuhan keterampilan yang dibutuhkan sebagai Pendidikan PAUD dan sebagai ketentuan
dari Pemerintah. Selain itu diklat ini bertujuan untuk memberikan layanan diklat yang bisa diakses dari tempat tinggal peserta diklat (pendidik PAUD) tanpa harus mengeluarkan dana untuk akomodasi dan transportasi ke tempat diklat serta tidak meninggalkan tugasnya sebagai pendidik PAUD. Oleh karena itu PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat memanfaatkan teknologi jaringan internet dalam pelaksanaan diklat bagi pendidik PAUD, hal ini jadi bagian dari akselerasi untuk mempercepat layanan pendidikan, terutama pada pendidik dan tenaga kependidikan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi terhadap peserta, pengampu atau narasumber dan penyelenggara Diklatsar PAUD. Hasil dari Penelitian ini adalah perencanaan yang sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh PP PAUD dan Dikmas
Jawa Barat, pelaksanaan diklatsar PAUD Daring ini berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kendala dah hasil dari diklatsar PAUD Daring ini adalah meningkatnya kompetensi peserta sejumlah 2.185 pendidik paud yang dibuktikan dengan sertifikat dari PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat. Kendala yang ditemukan peneliti adalah Jaringan
Internet yang tidak stabil sehingga menyebabkan terganggunya proses pembelajaran yang sangat bergantung dari kecepatan dan kualitas jaringan internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidik PAUD, Pendidikan dan Pelatihan, Dalam Jaringan (Online)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:11
Last Modified: 13 Jun 2025 03:11
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item
View Item