PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT MELALUI BOARD GAME DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI

Isma Aisyah Fauziah, 20070076 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT MELALUI BOARD GAME DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain Sequental
Explanatory. Desain ini dilakukan dengan mengumpulkan data kuantitatif
dilanjutkan data kualitatif. Subjek penelitian anak usia (5-6 tahun) di TK Ibnu Sina.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
berbasis IT melalui board game digital untuk meningkatkan konsentrasi belajar.
Masalah penelitian ini : (1) Bagaimana proses penggunaan media pembelajaran
board game digital untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun?
(2) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran board game digital
untuk meningkatkan konsntrasi belajar anak usia 5-6 tahun? (3) Kendala apa yang
dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam meningkatkan konsentrasi belajar
menggunakan media board game digital?. Hasil penelitian : (1) Deskripsi pengaruh
penggunaan media pembelajaran board game digital untuk meningkatkan
konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun yaitu P1 hasil akhir 70%, P2 hasil akhir
60%, P3 hasil akhir 80% dan P4 hasil akhir 80%. (2) Deskripsi efektivitas
penggunaan media pembelajaran board game digital untuk meningkatkan
konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun memiliki tingkat efektivitas 14,9 termasuk
kategori efektif. (3) Kendala apa yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam
penggunaan media pembelajaran board game digital untuk meningkatkan
konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun, terbagi dua yaitu Faktor Internal dan Faktor
Eksternal.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Board Game Digital, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:52
Last Modified: 13 Jun 2025 02:52
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item
View Item