PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B

Husniyah Arofah Fadilah, 20070079 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain penelitian
Sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan
data kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini (usia 5-6 tahun) di
RA Arafah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
bahasa sunda melalui aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan bahasa
ekspresif anak usia dini. Masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana
efektivitas pengaruh pembelajaran bahasa sunda melalui aplikasi canva untuk
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif Anak Usia Dini kelompok B? (2)
Bagaimana proses pembelajaran bahasa sunda melalui aplikasi canva untuk
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak? (3) Kendala apa yang dihadapi
oleh guru dan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif
dengan menggunakan pembelajaran bahasa sunda melalui aplikasi canva? Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa sunda melalui aplikasi canva
sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak
kelompok B di RA Arafah. Hal ini dapat dilihat bahwa dari 13 anak yang menjadi
subjek penelitian terdapat 11 orang anak (85%) yang termasuk pada kategori
Berkembang Sangat Baik (BSB), dan sebanyak 2 orang anak (15%) termasuk pada
kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan hasil perhitungan terhadap 5
item pernyataan dalam lembar angket observasi yang berkaitan dengan
pembelajaran bahasa sunda melalui aplikasi canva untuk meningkatkan
kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini kelompok B kepada 13 responden
(anak) dengan jumlah rata-rata 19,8 termasuk dalam kategori “sangat efektif”.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Sunda, Aplikasi Canva, Bahasa Ekspresif, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:33
Last Modified: 13 Jun 2025 02:33
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item