PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA KELOMPOK A

FANNY KHOTIMAH, 20070023 (2024) PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA KELOMPOK A. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan Komunikasi merupakan kemampuan yang sangat penting untuk
kehidupan anak usia dini. Karena kemampuan komunikasi merupakan salah satu
bekal agar anak mampu menyampaikan segala pemikirannya kepada orang lain.
Namun, berdasrkan hasil temuan dilapangan kemampuan komunikasi masih
terbatas. Adapun Solusi dari penelitian tersebut adalah penggunaan Multimedia
Pembelajaran Interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan
adalah penelitian Mix Metode dengan desain penelitian Sequential Exploratory
Design. Pada desain ini, tahap pertama pada penelitian adalah mengumpulkan data
keualitatif lalu pada tahap kedua dilakukan pengumpulan data kuantitatif. Teknik
pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 10 anak usia dini (anak usia
kelompok A yakni 4-5 tahun) di Pos PAUD Aster Assalam. Indikator penilaian
dilihat dari 6 indikator yakni, (1) Anak mampu menyampaikan dan mengungkapkan
perasaannya.(2) Anak menyampaikan kalimat dengan artikulasi yang jelas. (3)
Anak mampu mengerti perintah yang di instruksikan. (4) Anak mampu
menceritakan kembali informasi/cerita yang diberikan. (5) Anak mampu
menyebutkan kata-kata yang di kenal, dan (6) Anak mampu bertanya dan menjawab
dengan sesuai dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama observasi
berlangsung dari pertemuan awal hingga akhir terdapat hasil peningkatan yang
signifikan, karena berdasarkan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat
jumlah frekuensi sebanyak 1 orang anak dengan persentase 10% dan pada kategori
berkembanga sangat baik (BSB) terdapat jumlah frekuensi sebanyak 9 orang anak
dengan persentase 90%. Dengan hasil perhitungan terhadap 6 indikator yang
berkaitan dengan kemampuan komunikasi dengan penggunaan multimedia
pembelajaran interaktif untuk anak usia kelompok A menunjukkan jumlah rata –
rata 23,6 yang termasuk dalam kategori “sangat efektif”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:27
Last Modified: 12 Jun 2025 08:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item