UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKBUNGA MELATI NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR PADA PEMBELAJARAN DARING

Elawati, 17070275 (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKBUNGA MELATI NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR PADA PEMBELAJARAN DARING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Guru perlu membantu anak dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya untuk
perkembangan fonologis yaitu mengenal dan memproduksi suara. Adapun metode
yang dibutuhkan adalah metode yang dapat memberikan rasa senang dan
pengalaman langsung sehingga anak tidak merasa bosan, bingung, lelah dan
terbebani. Salah satu metode yang dapat menstimulus anak TK untuk
meningkatkan efektivitas berbicara adalah metode bercerita. Jika dikaitkan dengan
proses belajar mengajar, metode bercerita mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Maka diperlukan teknik yang bervariasi. Oleh sebab itu metode bercerita adalah
salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK secara lisan. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu
penelitian tanpa menggunakan angka statistik tetapi dengan pemaparan secara
deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang
terjadi di saat sekarang, dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian
yang terjadi menjadi fokus perhatiannya untuk kemudian dijabarkan sebagaimana
adanya. Skenario dan implementasi pembelajaran di TK Bunga Melati adalah
sebagai berikut : a) Guru mempersiapkan kegiatan bercerita sesuai dengan tema
dan tujuan yang dipilih dalam kegiatan bererita. b) Guru menyediakan media atau
bahan untuk melakukan kegiatan bererita. c) Guru terlebih dahulu melakukan
kegiatan bercerita. d) Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk
melakukan kegiatan bercerita. e) Guru melakukan evaluasi dan menetapkan
penilaian pada anak setelah melakukan kegiatan bercerita. Guru dalam proses
kegiatan mengembangkan kemampuan bahasa anak telah melaksanakan beberapa
tahap di antaranya menetapkan tema dan tujuan yang dipilih dalam kegiatan
bercerita.Penilaian pembelajaran daring sama halnya seperti penilaian
pembelajaran pada umumnya, hanya saja keadaan sekarang berada di masa
pandemi dimana tempat guru dan peserta didik terpisah dalam belajar sehingga
membuat guru kesulitan untuk mengamati peserta didik. Respon siswa terhadap
pembelajaran daring di masa pandemi menunjukkan bahwa 18,8% siswa tidak
setuju dengan pembelajaran daring yang dilaksanaan 37,5% menyatakan biasa
saja dan 43,8% menyetujui pembelajaran dikala pandemi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:57
Last Modified: 12 Jun 2025 07:57
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item