PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA MOBIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI

Eka Maryani, 20070062 (2023) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA MOBIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain penelitian
Sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan
data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini (usia 4-5 tahun) di
RA Asy Syakur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan
kemampuan kerjasama anak usia dini melalui penggunaan model project based
learning dengan berbantuan media mobis. Masalah pada penelitian ini yaitu (1)
bagaimana proses penggunaan model project based learning dengan berbantuan
media mobis untuk meningkatkan kemampuan kerjasama? (2) Kendala apa yang
dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan kerjasama
dengan menggunakan model project based learning dengan berbantuan media
mobis? (3) Bagaimana efektivitas penggunaan model project based learning
dengan berbantuan media mobis dilihat dari: a. Kemampuan kerjasamanya; b.
Ketuntasan belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: 1) Deskripsi proses penggunaan model project
based learning melalui permainan puzzle, sebagai metode pembanding dari
penggunaan model project based learning dengan berbantuan media mobis yaitu
pada I1 dengan hasil akhir 256, I2 dengan hasil akhir 256, dengan I3 dengan hasil
akhir 234, dengan I4 dengan hasil akhir 265 dan I5 dengan hasil akhir 244,
kemampuan kerjasama anak melalui permainan puzzle memiliki rata-rata yaitu
sebesar 18,6. 2) Deskripsi kendala yang dihadapi oleh Guru dan Peserta didik dalam
meningkatkan kemampuan kerjasama anak dengan mengunakan model project
based learning dengan berbantuan media mobis terbagi menjadi dua faktor yaitu:
(1) Faktor Internal, (2) Faktor Eksternal. 3) Deskripsi efektivitas penggunaan model
project based learning dengan berbantuan media mobis dilihat dari: a. Kemampuan
kerjasamanya; b. Ketuntasan belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak usia
dini yaitu pada I1 dengan hasil akhir 267, I2 dengan hasil akhir 262, I3 dengan hasil
akhir 246, I4 dengan hasil akhir 271 dan I5 dengan hasil akhir 268, kemampuan
kerjasama anak dengan menggunakan model project based learning dengan
berbantuan media mobis memiliki rata-rata sebesar 19,4 termasuk kategori sangat
efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project based Learning, Kerjasama, Mobis, AUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:54
Last Modified: 12 Jun 2025 07:54
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item