MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN METODE PENILAIAN KINERJA GURU

DINI NOVIANTI, 17070088 (2023) MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN METODE PENILAIAN KINERJA GURU. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)

Abstract

Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah menjadi salah satu aspek yang
berhubungan dengan kompetensi guru. Supervisi adalah kegiatan pembinaan yang
dilakukan untuk membantu guru dalam memperbaiki dan meningkatkan
kompetensinya. Keberhasilan pendidikan dalam mencapai tujuannya tidak
terlepas dari kompetensi guru yang dihasilkan melalui kegiatan supervisi kepala
sekolah. Supervisi kepala sekolah yang dilakukan pada penelitian ini
menggunakan Penilaian Kinerja guru yang merupakan acuan bagi kepala sekolah
dalam menentukan pengembangan kompetensi guru. Khususnya kompetensi
pedagogic yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalm pengelolaan
pembelajaran. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui
skenario dan implementasi peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD
melalui supervisi kepala sekolah dengan metode penilaian kinerja guru. 2) Untuk
melihat respon kepala sekolah dan Guru terhadap peningkatan kompetensi
pedagogik guru PAUD melalui supervisi kepala sekolah dengan metode penilaian
kinerja guru. 3) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi kepala
sekolah dalam meningkatan kompetensi pedagogik melalui supervisi kepala
sekolah dengan metode penilaian kinerja guru. 4) Untuk mendeskripsikan
kendala-kendala yang dialami guru PAUD dalam meningkatan kompetensi
pedagogik melalui supervisi kepala sekolah dengan metode penilaian kinerja guru.
Penggunaan metode dekriftif melalui pendekatan kualitatif ini melibatkan 12
orang guru sebagai subjek penelitian. Observasi, wawancara dan dokumentasi
merupakan cara yang digunakan dalam pengumpulan data yang juga merupakan
alat instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa
supervisi kepala sekolah dengan penilaian kinerja guru dapat meningkatkan
kompetensi pedagogik guru PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Penilaian Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:10
Last Modified: 12 Jun 2025 07:10
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item