PEMANFAATAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI DI KELOMPOK B RA NURUL IMAN

DINA FAIDATUL KAMILAH, 20070012 (2024) PEMANFAATAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI DI KELOMPOK B RA NURUL IMAN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap anak harus memiliki kemampuan mengenal geometri.
Pengenalan geometri merupakan salah satu aspek dari kemampuan kognitif anak.
Salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan mengenal geometri
yaitu dengan permainan menggunakan media balok. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui keefektifan penggunaan media balok terhadap kemampuan
mengenal geometri pada anak kelompok B, mengetahui proses penerapan media
balok pada anak kelompok B, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh
guru dan peserta didik kelompok B dalam melaksanakan pembelajaran
menggunakan media balok. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed
Method dengan desain penelitian The Explanatory Sequential. Subjek penelitian
berjumlah 10 anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Iman. Pengolahan data dibagi
menjadi dua, yaitu data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket dan
data kualitatif yang diperoleh dari teknik pengumpulan data observasi, wawancara
dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Deskripsi
efektivitas pembelajaran media balok dalam peningkatan kemampuan mengenal
geometri pada anak usia dini dilihat dari: a. Peningkatan kemampuan mengenal
geometri dengan jumlah rata-rata 96,5 termasuk kedalam kategori sangat efektif,
b. Ketuntasan belajar anak kelompok B dengan permainan balok didapatkan hasil
sebesar 100%. 2) proses penerapan media balok dilakukan pada kegiatan inti
mengikuti perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. Anak-anak menunjukkan
respon yang baik dan penuh antusias dalam mengikuti pembelajaran melalui
media balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal geometri. 3) deskripsi
kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam peningkatan kemampuan
mengenal geometri melalui media balok terbagi menjadi dua faktor yaitu: (1)
faktor internal, (2) faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal geometri, Media Balok, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:38
Last Modified: 12 Jun 2025 06:38
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item