Devi Sartika, 20070065 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini belum tercapai secara optimal. Hal
ini terlihat dari masih banyaknya anak yang belum mampu mengenal lambang
bilangan dari 1-20 secara berurutan dan belum mampu menggunakan lambang
bilangan dalam kegiatan berhitung. Untuk meningkatakan kemampuan berpikir
simbolik sesuai dengan tahapan usia perkembangannya diperlukan media yang
sesuai dan menarik bagi anak. Maka peneliti menggunakan aplikasi quizizz.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan
berpikir simbolik anak usia dini jika diterapkan metode pembelajaran dengan
aplikasi quizizz apabila dilihat dari : a. peningkatan kemampuan berpikir simbolik
anak kelompok B setelah pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz lebih baik
daripada sebelumnya. b. ketuntasan belajar anak kelompok B yang menggunakan
aplikasi quizizz 2. proses penerapan aplikasi quizizz pada pembelajaran anak
kelompok B 3.Kendala apa yang dihadapi oleh guru dan anak kelompok B dalam
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Quizizz dalam
peningkatan kemampuan berpikir simbolik 4. Peningkatan aktivitas belajar anak
kelompok B setelah pembelajarannya menggunakan media pembelajaran
interaktif berbasis game Quizizz.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Mix Methode dengan desain penelitian sequential Explanatory Design.
Tahap pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif kemudian
mengumpulkan data kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun
di TK Mau’idatul Mustapidin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi
Efektivitas Pembelajaran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quizizz
Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Sibolik dilihat dari: a. Kemampuan
berpikir simboliknya; b. Ketuntasan belajarnya mencapai 80; kemampuan berpikir
simbolik anak melalui aplikasi quizizz rata-rata, yaitu 97,5%. Dengan tingkat
efektivitas sebesar 95,31 termasuk kategori sangat efektif. 2) Proses Penerapan
Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Anak Kelompok B dilakukan pada kegiatan
inti
mengikuti perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. Anak-anak
menunjukkan respon yang sangat baik dan penuh antusiasme dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran melalui aplikasi quizizz dalam peningkatan kemampuan
berpikir simbolik.3) Deskripsi kendala yang dihadapi oleh Guru dan Peserta didik
dalam peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui aplikasi quizizz, terbagi
menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor Internal, (2) Faktor Eksternal. 4) Peningkatan
aktivitas belajar anak kelompok B distimulus dengan permainan kuis melalui
aplikasi quizizz mendapatkan hasil yang sangat baik yaitu mencapai 100%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Simbolik, Aplikasi Quizizz, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 06:34 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 06:34 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/157 |