EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A RA NURUL ANSOR

AYU BUNGA LESTARI, 20070059 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A RA NURUL ANSOR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of DAFTAR PISTAKA.pdf] Text
DAFTAR PISTAKA.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan desain penelitian
sequential Explanatory Design. Pada desain ini tahap pertama yang dilakukan
adalah mengumpulkan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan
data kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia dini (usia 4-5 tahun) di RA
Ansor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
busy book untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Masalah
pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana efektivitas penggunaan media Busy book
untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini pada kelompok A?
(2) Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media Busy book untuk
meningkatkan motorik halus anak usia dini pada kelompok A? (3) Kendala apa saja
yang dihadapi oleh Guru dan Anak dalam proses pembelajaran dengan
menggunakan media Busy book pada kelompok A? Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Deskripsi efektivitas penggunaan media busy book yaitu pada I1 dengan
hasil akhir 100%, I2 dengan hasil akhir 100%, I3 dengan hasil akhir 90%, I4 dengan
hasil akhir 80%, dan I5 dengan hasil akhir 100%, kemampuan motorik halus anak
melalui media busy book rata-rata, yaitu sebesar 97%. 2) Deskripsi efektivitas
penggunaan media busy book untuk meningkatkan kemampuan motorik halus
dilihat dari : a. Kemampuan motorik halus; b. Ketuntasan belajarnya; c.
Peningkatan aktivitas belajar anak usia dini yaitu pada I1 dengan hasil akhir 100%,
I2 dengan hasil akhir 100%, I3 dengan hasil akhir 90%, I4 dengan hasil akhir 80%,
dan I5 dengan hasil akhir 100%, kemampuan motorik halus anak melalui media
busy book dengna rata-rata, yaitu 97%. Dengan tingkat efektivitas sebesar 19,4
termasuk kategori sangat efektif. 3) Deskripsi kendala yang dihadapi oleh Guru dan
Peserta didik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus dengan penggunaan
media busy book, terbagi menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor Internal, (2) Faktor
Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Busy Book, Kemampuan Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:04
Last Modified: 12 Jun 2025 04:04
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item