PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B KOBER RAUDHATUL JANNAH

ATI WINARTI, 20070111 (2024) PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B KOBER RAUDHATUL JANNAH. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1 cover ati.pdf] Text
1 cover ati.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis anak di Kober
Raudhatul Jannah dimana masih terdapat anak belum memahami konsep bentuk dan
mengabil kesimpulan dalam sebuah kejadian. Pada kegiatan. Padahal kemampuan berpikir
logis ini merupakan salah satu hal yang penting yang harus dimiliki anak, untuk
memudahkan di dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir logis tidak akan
meningkat bila tidak adanya stimulasi yang diberikan. Maka dari itu peneliti menggunakan
metode project based learning dengan media loose part untuk membantu meningkatkan
kemampuan berpikir logis anak. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh
penggunaan metode project based learning dengan media loose part untuk meningkatkan
berpikir logis anak. (2) Mengetahui proses penggunaan metode project based learning
dengan media loose part, dan (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dan
anak pada saat penggunaan metode project based learning dengan media loose part.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian mixed methods dengan desain penelitian
sequential explanatory design. Tahap pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data
kuantitatif kemudian mengumpulkan data kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri
dari 12anak kelompok B, terdiri dari enam anak laki-laki dan enam anak perempuan di
Kober Raudhatul Jannah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. peningkatan kemampuan
berpikir logis anak kelompok B memperoleh jumlah rata-rata 92,08% dengan kategori
sangat efektif, kemudian ketuntasan belajar anak 100% atau dua anak berkembang sesuai
harapan (BSH) dan 90% atau 10 anak lainnya berkembang sangat baik (BSB). (2) proses
pembelajaran dilakukan sesuai tema pembelajaran yang ada pada kegiatan inti sesuai RPPH
yang telah dibuat. (3) kendala yang dihadapi guru ialah pada saat menjelaskan tentang
metode dan media pembelajaran karena membutuhkan waktu yang sedikit lama, kemudian
kendala yang dihadapi oleh anak adalah masih terdapat anak yang kesulitan dalam proses
pembuatan project dengan media loose part serta terdapat beberapa anak yang masih
belum berkonsentrasi dan kebingungan dalam melakukan kegiatan pembelajaran berbasis
project

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir logis, metode Project based learning, loose part
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:51
Last Modified: 12 Jun 2025 03:51
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item