PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK B

Arima Nur Annisa, 20070003 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 20070003_Cover.pdf] Text
20070003_Cover.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 20070003_Abstrak.pdf] Text
20070003_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 20070003_Kata Pengantar.pdf] Text
20070003_Kata Pengantar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 20070003_Daftar Isi.pdf] Text
20070003_Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 20070003_Bab I.pdf] Text
20070003_Bab I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 20070003_Bab II.pdf] Text
20070003_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of 20070003_Bab III.pdf] Text
20070003_Bab III.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 20070003_Bab IV.pdf] Text
20070003_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of 20070003_Bab V.pdf] Text
20070003_Bab V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 20070003_Daftar Pustaka.pdf] Text
20070003_Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 20070003_Lampiran.pdf] Text
20070003_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada Abad 21 pengetahuan saja tidak cukup dalam menghadapi revolusi
industri 4.0. Oleh karena itu perlu ditanamkan keterampilan yang dapat
menunjang diantaranya adalah berpikir kritis. Berdasarkan temuan dilapangan,
kemampuan berpikir kritis anak kelompok B pada salah satu taman kanak
kanak masih cukup rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kegiatan yang monoton
dan kurangnya referensi kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis anak. Pembelajaran sains merupakan kegiatan yang dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak, karena terdapat kegiatan yang
beragam dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dengan menggunakan pembelajaran berbasis sains. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain sequential
explanatory. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari
enam anak perempuan dan empat anak laki-laki. Pengumpulan data penelitian
diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Prosedur
pengolahan data dimulai dari data kuantitatif lalu dilanjutkan data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan
mengenai kemampuan berpikir kritis anak. Dibuktikan dari hasil penelitian
selama delapan pertemuan, dengan menggunakan enam indikator diperoleh
hasil dengan rata-rata 23,8% yag termasuk dalam kategori “sangat efektif”.
Pembelajaran berbasis sains dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
anak kelompok B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Pembelajaran berbasis sains, Anak kelompok B
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:55
Last Modified: 11 Jun 2025 07:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item
View Item