IMPLEMENTASI PRAMUKA PRASIAGA MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB KELOMPOK B TK AL ZHAFRAH

ANNISA HOERIAH, - (2024) IMPLEMENTASI PRAMUKA PRASIAGA MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB KELOMPOK B TK AL ZHAFRAH. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui
bagaimana implementasi pramuka prasiaga melalui metode bercerita dapat meningkatkan
karakter tanggung jawab di TK Al Zhafrah. Hasil observasi awal, kurangnya karakter
tanggung jawab yang disebabkan oleh anggapan jika karakter dapat berubah seiring
berjalannya waktu membuat anak kurang bertanggung jawab. Subjek penelitian adalah
anak kelompok B berjumlah 10 anak. Metode yang digunakan yaitu mixed method yaitu
penggabungan antar metode kuantitatif dengan kualitatif dalam satu penelitian dengan
menggunakan desain sequential explanatory research dimana metode kuantitatif lebih
dominan dan sebagai pelengkapnya metode kualitatif. Pengambilan sumber data dalam
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Instrumen penelitian yang digunakan
meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
karakter tanggung jawab anak kelompok B TK Al Zhafrah berkembang sangat baik
(BSB). Hubungan antar variabel Hasil uji normalitas 0,011, nilai tersebut > dari 0,05.
Hasil uji Wilcoxon output tes statistik non parametrik nilai Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 karena nilai 0,005 < 0,05 Maka "Hipotesis diterima". Artinya ada perbedaan terhadap karakter tanggung jawab anak kelompok B pada kegiatan pretest dan posttest,
sehingga adanya efektivitas implementasi pramuka prasiaga melalui metode bercerita
mampu meningkatkan karakter tanggung jawab kelompok B. Berkaitan dengan hal
tersebut, guru harus mampu menguasai strategi pembelajaran pramuka prasiaga, sekolah
dan orang tua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat mengoptimalkan
kegiatan pramuka prasiaga melalui metode bercerita untuk meningkatkan karakter
tanggung jawab anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pramuka Prasiaga, Metode Bercerita, Karakter Tanggung Jawab, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:49
Last Modified: 11 Jun 2025 07:49
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item