PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SPLTV KELAS X

Suhartono, 20102003 (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SPLTV KELAS X. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81MB)

Abstract

Tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Menelaah pengembangan bahan ajar e-modul pembelajaran
sistem persamaan linear tiga variabel dengan pendekatan Realistic Mathematics
Education (RME). (2) Menelaah pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa
setelah menggunakan e-modul pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel
dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan
yang menggunakan pembelajaran biasa. (3) Menelaah pencapaian kemandirian
belajar siswa setelah menggunakan e-modul pembelajaran sistem persamaan linear
tiga variabel dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode penelitian
yang dipilih adalah jenis penelitian RnD (Research and Development). Model
pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa SMA N 1 Ciwaringin, 8 siswa untuk uji coba terbatas dan 32 siswa
untuk uji coba skala luas di SMA N 1 Ciwaringin, kemudian 32 siswa kelas X. A
sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X. A sebagai kelas kontrol di SMA N
1 Ciwaringin. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan bahan ajar e-modul
pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel dengan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) memiliki kualitas valid, praktisi efektif dan layak
digunakan. (2) Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis matematis siswa,
yang memperoleh pembelajaran menggunakan media berbasis elektronik e-modul
lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Pencapaian
kemandirian belajar siswa (self regulated learning) setelah menggunakan e-modul
pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel dengan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) lebih baik dari pada yang menggunakan
pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar, RME, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:01
Last Modified: 11 Jun 2025 07:01
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item