MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES

Lia Susilawati, 22102024 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Bagian Depan.pdf] Text
Bagian Depan.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematis dan resiliensi matematis siswa melalui implementasi pembelajaran
Model Eliciting Activities (MEAS). MEAS diperkenalkan sebagai pendekatan
pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa untuk terlibat dalam eksplorasi
matematis dan pemecahan masalah secara mendalam. Studi ini dilaksanakan di
tingkat Sekolah menengah atas/Kejuruan dengan melibatkan sejumlah siswa
sebagai subjek penelitian. Metode eksperimen digunakan dengan membagi siswa
menjadi dua kelompok: kelompok kontrol yang menerima pembelajaran
matematika konvensional dan kelompok eksperimen yang menerapkan MEAS.
Data dikumpulkan melalui tes awal, implementasi MEAS, dan tes akhir untuk
mengukur perubahan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi
matematis. Selain itu, observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta
analisis reflektif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam
tentang pengaruh MEAS terhadap proses pembelajaran. Hasil Penelitian 1.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, 2. Peningkatan Resiliensi
Matematis, 3. Peningkatan Hasil Belajar Matematis, 4. Perubahan Sikap Terhadap
Matematika. Penerapan Model Eliciting Activities
terbukti efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis
siswa. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematis dan
sikap siswa terhadap matematika. Hal ini menunjukkan bahwa MEA dapat menjadi
model pembelajaran yang bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan dan
sikap positif terhadap matematika pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Resiliensi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:34
Last Modified: 11 Jun 2025 02:34
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item
View Item