PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN SAVI

DESI MULHATAENI, 16810002 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN SAVI. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1 Pendahuluan.pdf] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 Kajian Teoritis.pdf] Text
Bab 2 Kajian Teoritis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 3 Metode dan Prosedur Penelitian.pdf] Text
Bab 3 Metode dan Prosedur Penelitian.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf] Text
Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Bab 5 Simpulan.pdf] Text
Bab 5 Simpulan.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

enelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis puisi dan motivasi belajar siswa SMP antara yang menggunakan Pendekatan SAVI dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Subjek sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas VIII di salah satu MTs di Kabupaten Bandung Barat. Kemampuan menulis teks puisi diukur dengan tes tertulis pengetahuan dan tes keterampilan menulis teks puisi, sedangkan untuk mengukur motivasi belajar siswa digunakan skala sikap. Seluruh data dalam penelitian ini diolah dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan menulis teks puisi siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan SAVI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Pada pencapaian kemampuan menulis teks puisi kelas eksperimen termasuk kategori baik dengan sig. 0,013, sedangkan kelas kontrol termasuk kategori cukup dengan sig. 0,200;
(2) motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan SAVI lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Kategori pencapaian motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan SAVI termasuk kategori tinggi dengan sig. 0,052, sedangkan pada pembelajaran biasa berkategori sedang dengan sig. 0,003;(3) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis teks puisi dengan nilai 0,97; (4) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI telah berjalan dengan baik dan aktivitas siswa meningkat, serta untuk motivasi belajar pun meningkat dengan baik;
(5) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal teks puisi umumnya pada indikator menyebutkan unsur-unsur fisik dan batin, sedangkan untuk soal kemampuan menulis teks puisi pada aspek diksi dan citraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis puisi, Motivasi belajar, Siswa SMP, Pendekatan SAVI, Peningkatan pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:59
Last Modified: 10 Jun 2025 03:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item
View Item