PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK

FRENI SETIAWATI, 2210I2033 (2024) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of TANDA TANGAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
TANDA TANGAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran_Freni.pdf] Text
Lampiran_Freni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Ini adalah bertujuan mengetahui pencapaian dan peningkatan berpikir
kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran problem based learning
lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran biasa, pencapaian
kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran problem based
learning lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran biasa, proses
penerapan problem based learning pada pembelajaran peluang untuk siswa smkn
1 soreang, respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model
problem base learning. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis
penelitian mix methode yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang
menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran biasa. Jumlah sampelnya 72 siswa yang berasal dari kelas X SMK di
salah satu SMK Negeri di kabupaten Bandung. Instrumen tes penelitian ini adalah
berupa tes Kreatif dan nontesnya angket kemandirian belajar. Hasil Penelitian
adalah Implementasi pembelajaran yang memperoleh model problem base
learning sudah sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditetapkan, Respon
peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model problem base learning
berada pada kategori sangat baik, Pencapaian dan peningkatan berpikir kreatif
matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih
baik daripada yang mendapatkan pembelajaran biasa, dan Pencapaian kemandirian
belajar peserta didik yang memperoleh model problem base learning lebih baik
dari pada pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kreatif, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:07
Last Modified: 05 Jun 2025 07:07
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item
View Item