Peran orang tua sangatlah penting dalam membentuk suatu kemandirian remaja, maka dari itu orang tua hendaklah menjadi panutan bagi anak-anaknya
Pelatihan produk kreatif dalam membangun kemandirian siswa
Hasil dari pembinaan kewirausahaan 90% santri memguasai. Sebelum mendapatkan pembinaan santri kesulitan dalam prosesnya tetapi ketika sudah diberi pembinaan santri mulai mengetahui dan belajar melakukannya
Anak dapat mengerjakan pembelajaran abad 21, dan dukungan dari orang tua dalam pembelajaran STEAM dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini
1. Pembelajaran practical life melalui film animasi dengan berbantuan aplikasi youtube sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan kemandirian anak 2. pengaruh pembelajaran practical life melalui film animasi dengan berbantuan aplikasi youtube lebih berpengaruh dibaniding metode pembanding 3. Kendala yang dihadapi, internal dan eksternal (bagi guru dan anak).
Dengan diterapkannya metode pemberian tugas pada anak kelompok B dapat mengembangkan kemandirian anak di koder muawanatussibiyan.
Pentingnya pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak pola asuh yang digunakan mayoritas pola asuh demokratis, yaitu orang tua memberikan kebebasan kepada anak-anak tetapi tetap mengawasi dan mengontrol anak.
Setiap warga binaan membangun keyakinan dan kemampuan dirinya sendiri untuk menghadapi tantangan dan pengolahan kehidupan mereka , ini melibatkan kemampuan dan penghargaan warga binaan.
peserta didik lebih percaya diri dan bertanggung jawab dalam menghadapui berbagai masalah tanpa bergantung kepada orang lain serta bisa menghargai waktu kegiatan yang lebih bermanfaat
Lemahnya kemampuan pemahaman matematik di tingkat siswa MTS serta kemandirian belajar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Hasil penelitian pencapaian dan peningkatan siswa yang mendapatkan pendekatan problem solving lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional.