Dengan kooperatif learning type jigsaw kepramukaan mengalami peningkatan yang signifikan
Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model jigsaw, selanjutnya kesulitan pada siswa yakni pada indikator menjelaskan, menarik infensi dan menafsirkan, sedangnkan pada kesulitan guru adalah pada saat penyampaian tujuan pembelajaran yang dibentuk lebih sederhana agar dapat dipahami siswa.
Proses pengembangan ahan ajar dikembangkan menggunakan tahapan brog and gall, berbentuk salindia yang diunggah ke instagram hasil uji kelayakan bahan sangat valid dan layak, hasil respon siswa da guru menunjukan representasi sangat baik, hasil kemampuan menulis siswa memperoleh nilai yang baik
Critical thinking ability is an essential component of the four skills needed in the 21st century. However, this ability is still challenging to achieve well by students because of the lack of communication and cooperation during learning mathematics. Therefore, this experimental study with a posttest-only control design was conducted to determine the effect of using the jigsaw cooperative lear…
abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pembelajaran jigsaw. Penelitian ini mengacu pada rumusan masalah dan merupakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dibuktikannya dengan meningkatnya nilai siswa.
Jigsaw technique can improve students' speaking skills
Nuraini Mulia, 2016: Penelitian ini berjudul Pembelajaran Membaca Cerpen Dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning tipe Jigsaw. Pada siswa kelas IX di SMP Wiyata Bakti Cimahi Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini dilatar belakangi karena minat siswa dalam membaca sangat rendah dan penulis mempunyai gagasan untuk menciptakan kemampuan dan kemauan siswa agar tertarik membaca cerpen. Berdasa…
abstrak
abstrak