Text
Pelatihan penerapan assessment as, for, of learning berbantuan gamifikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Garut
Pengabdian dalam bentuk pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kompetensi profesional guru dalam
pengembangan asesmen pembelajaran. Asesmen berperan sebagai usaha bagi guru untuk
menemukan kelebihan dan kelemahan dari proses pembelajaran yang sedang atau telah
dilakukan. Akan tetapi masih ditemukan banyak guru yang menganggap proses asesmen hanya
dianggap formalitas. Asesmen dibuatnya tidak otentik, atau guru memberi asesmen secara
konvensional yang cenderung dilaksanakan hanya untuk mengukur lulusan capaian
pembelajaran, seakan asesmen terpisah dari proses pembelajaran, tanpa memperhatikan
penilaian yang mampu meningkatkan kompetensi siswa saat proses pembelajaran. Dengan
kondisi seperti ini, guru memerlukan pendekatan asesmen yang digunakan dalam pembelajaran.
Pelatihan ini bertujuan melatih guru dalam pengembangan model assessment as for of learning
(AafoL) melalui pendekatan pedagogi genre berbantuan gamifikasi. Pelatihan dilaksanakan di
MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Garut Jawa Barat Jawa Barat bertempat di SMPN 2
Cibiuk Kabupaten Garut. Pelatihan menggunakan metode tutorial, workshop, penugasan
terstruktur, dan konsultasi. Hasilnya guru memiliki kemampuan untuk memahami konsep dasar
mengenai asesmen dan menarapkannya dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru
mampu menyusun butir soal Bahasa Indonesia berbasis HOTS dan memberikan asesmen dengan
baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain