Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Geogebra Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK
Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, dimana pada setiap materinya saling
berkaitan. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika diperlukan kemampuan
koneksi matematis untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang
dipelajari. Namun fakta dilapangan menyatakan bahwa kemampuan koneksi
matematis siswa SMK di Kota Cimahi masih belum memuaskan, terutama dalam
materi Trigonometri. Selain itu, hasil wawancara kepada guru di SMK
menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran tidak
menekankan pada peningkatan kemampuan koneksi matematis secara spesifik,
serta dibutuhkannya bahan ajar berbasis ICT yang dapat digunakan selama
pembelajaran daring maupun luring untuk mengantisipasi masa pandemi.
Berdasarkan permasalahan tersebut dikembangkanlah bahan ajar LKS
Trigonometri dengan model discovery learning berbasis Geogebra yang dapat
digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring. LKS Discovery Learning
berbasis Geogebra ini memuat kegiatan pembelajaran dengan metode penemuan
dan alat evaluasi untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
tahap pengembangan dari Borg & Gall, yaitu (1) Studi pendahuluan; (2) Desain
produk; (3) Forum group discussion dan validasi ahli; (4) Revisi awal; (5) Uji coba
terbatas dan revisi I; (6) Uji coba luas dan revisi II; (7) Uji coba produk dan revisi
akhir. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar observasi,
pedoman wawancara, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan koneksi
matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 3 Cimahi. Uji
coba terbatas dilaksanakan kepada 10 orang siswa kelas X BOGA 2, uji coba luas
kelas X OTKP 1, uji coba produk kelas X BOGA 1 sebagai kelas eksperimen, dan
kelas X BOGA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah
dikembangkan produk berupa LKS discovery learning berbasis Geogebra dengan
hasil uji coba terbatas, luas, dan produk mencapai kategori sangat layak untuk
digunakan, efektivitas produk mencapai kategori baik, dan beberapa kendala yang
dialami oleh guru dan siswa dalam pengembangan produk diantaranya siswa belum
terbiasa menggunakan LKS berbasis digital, kurangnya pengetahuan siswa pada
materi prasyarat, sinyal internet yang tidak stabil, dan siswa belum terbiasa belajar
secara mandiri.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain