Jurnal
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA PEWAYANGAN TERHADAP PERILAKU SISWA SEBAGAI INDIVIDU DI ERA REVOLUSI 4.0
[Latar belakang penelitian ini adalah didasari oleh hilangnya role model siswa di usia Sekolah Dasar yang semakin hari semakin hilang kalah dengan berkembangnya teknologi. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap semua bidang di kehidupan sehari-hari. Salah satu dampak dari perkembangan tersebut yaitu dibidang Pendidikan, pentingnya memiliki figure dan contoh dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah awal agar ketika siswa tersebut ada di
lingkungan masyarakat sebagai individu dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan diharapkan ketika memiliki pribadi yang unggul maka dapat menciptakan inovasi terbarukan sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Tujuan jangka panjang program
penelitian ini adalah menganalisis dan mengkaji seberapa efektif, bagi guru SD, dan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) yang efektif dan efisien baik bagi siswa maupun bagi guru-guru SD melalui hasil-hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan Literasi Siswa terhadap Budaya Bangsa (2). Mengembangkan siswa sebagai individu di era 4.0 melalui penyusunan bahan ajar berbasis
cerita pewayangan (3). Penyusunan bahan ajar berbasis pewayangan yang dapat digunakan oleh guru-guru SD. Metode penelitiannya adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non randomized pretest postest control group desain. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi sesuai dengan indicator literasi teknologi dan resilensi. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penyelesaian, dan publikasi
hasil penelitian berupa luaran penelitian yaitu publish dua artikel di jurnal sinta 1-3, bahan ajar berbasis ICT, dan HKI bahan ajar berbasis ICT.]
B001561 | R AMA 370 p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (370) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain